user_mobilelogo

Pengalaman panjang PT Suka Jaya Makmur (SJM) dalam pengelolaan hutan alam sejak tahun 1978 yang tetap eksis sampai dengan saat ini merupakan bukti nyata bahwa prinsip-prinsip pengelolaan hutan lestari sebenarnya telah diterapkan dengan baik oleh perusahaan.

Dalam pembangunan perusahaan ke depan dan mengantisipasi dinamika tuntutan global, maka SJM menyadari betul pentingnya menjaga kinerja perusahaan secara sungguh-sungguh melalui kepatuhan terhadap peraturan perundangan yang berlaku dari pemerintah (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK) dan menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan hutan lestari yang mengacu kepada standar yang ada, baik standar nasional yang dibangun oleh KLHK maupun standar Internasional yang mengacu pada prinsip-prinsip Forest Stewardship Council® (FSC-C102305) termasuk tidak mengembangkan jenis-jenis yang termasuk dalam katagori GMO (Genetically Modified Organism) dalam areal konsensi.

Visi :

Mewujudkan pengelolaan sumberdaya hutan secara berkelanjutan dengan mendayagunakan sumber daya hutan secara optimal, efektif, efisien dan seimbang sesuai dengan peraturan perundangan Pemerintah yang berlaku agar terwujud keseimbangan fungsi produksi, ekologi dan sosial dalam satu kesatuan yang utuh.


Misi :

  1. Mewujudkan pengelolaan sumberdaya hutan agar tercapainya kelestarian fungsi produksi yang dikelola untuk menjamin kelestarian sumberdaya hutan, kelestarian hasil hutan dan kelestarian usaha perusahaan secara berkelanjutan.
  2. Mewujudkan tercapainya stabilitas ekosistem hutan berikut komponen-komponennya dalam batas-batas kapasitas produksi hutan optimum, dan tidak terganggunya sistem ekologi penyangga kehidupan yang dibutuhkan bagi ekosistem serta membuat strategi dalam pengelolaan lingkungan guna melindungi flora dan fauna ekosistem unik, dan mengetahui variasi genetik konservasi yang komersil, langka dan terancam punah didalam kawasan hutan.
  3. Mewujudkan terjaminnya keberlanjutan fungsi pemanfaatan hutan bagi kehidupan masyarakat didalam dan disekitar hutan yang bergantung kepada hutan baik langsung maupun tidak langsung secara berkelanjutan atau lintas generasi.

PT. Suka Jaya Makmur adalah suatu perusahaan swasta nasional anggota dari Alas Kumuma Group yang bergerak dalam industri kehutanan, yang telah diberi kepercayaan oleh Pemerintah untuk mengelola areal hutan dalam bentuk Hak Pengusahaan Hutan (HPH) di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

 

IUPHHK-HA (d/h. HPH) PT. Suka Jaya Makmur Kalimantan Barat (PT. SJM Kalbar) yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat memulai kegiatan usahanya pada tahun 1979 berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 521/Kpts/Um/8/1979 dengan luas 119.000 Ha.

Dan pada tahun 1982 mendapatkan perpanjangan izin melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 310/Kpts/V/1982 dengan luas areal 294.000 ha, selama 20 tahun

Pada tahun 1999 perubahan dalam peraturan pemerintah menyebabkan terbaginya areal PT SJM dalam dua unit yang terpisah.

Pada tahun 2000 dua unit tersebut telah tergabung kembali berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 106/Kpts/II/2000 dengan luas 171.300 Ha, selama 55 tahun (akan berkhir pada tahun 2054).

Komisaris Utama :  Iwan Susanto
Komisaris :  Amin Susanto
Direktur Utama : Jacub Husin
Wakil Direktur : Budijowono Handjaja
Direktur : - Roesman Nilam
    - Imbran Susanto
    - Hadianto